UPDATE ARTICLE

Monday, September 2, 2019

TAUHID DAN AKIDAH


TAUHID DAN AKIDAH

Pemateri : Ashabul Kahfi

Pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2019 telah dilaksanakan rangkaian kegiatan Diklat Ekonomi slam pada materi ini disampaikan pada pukul 07:30 di Villa Bumi Langoan, Puncak Bogor. Penyampaian materi disampaikan oleh Ashabul Kahfi. atau biasa dipanggil kak Kahfi. Beliau memaparkan kajian materi bertema Tauhid dan Akidah.
Menuntut ilmu termasuk sebuah Ikhtiar yang telah diberi Rab-Nya Allah swt. Ilmu tanpa amal bagaikan ”pohon yang tak berbuah”. Ilmu dasar seorang muslim mempengaruhi kehidupannya. Surge Firdaus terdapat majlis-majlis sahabat Rasulullah yaitu sayyidina Umar ibnu Khattab, Sayyidina Abu Bakar Shiddiq, Sayyidina Utsman ibnu affan, dan Sayyidina Ali ibnu Abi Thallib. Surga Firdaus itu bagaikan arsy Allah swt (Atapnya rumah Allah).
Makanan sebuah nasehat :
Salah satu hal yang dijaga ialah makanan, orang yang selalu banyak makan itu tanda suatu Kebodohan. Para ulama yang beradab saat menuntut ilmu itu tidak memikirkan makanan. Contoh, “Nabi saat sarapan pagi hanya 3 buah Kurma”. Makanan yang dari pasar atau penjual dari orang yang tidak beragama ialah terdapat “Subhat” makanan  yang dimakan itu tidak berkah.
Apakah setiap hari kita bertauhid?, ya Bertauhid, contohnya Sholat, itu setiap hari kita Bertauhid dalam bacaannya. Tauhid ialah mengesakan Allah swt, menjalankan perintah dan menjauhi larangannya. Contoh, kerja dengan tujuan karena Allah, itu termasuk Tauhid, agar mendapatkan kebarokahannya dan pahala. Tauhid dibagi 3 yaitu, Rububiyyah, uluhiyyah, dan Asma wa sifat.
-          - Rububiyyah, Allah yang menciptakan, Allah yang memelihara, Allah yang mematikan, Allah yang                membangkitkan.
-          - Uluhiyah, adalah meyakini seyakin-yakinnya bahwa Allah lah satu-satunya yang berhak untuk diibadahi.
-          - Asma wa sifat adalah mengimani semua yang tertera dalam Al-Qur’an dan hadist yang shahih

Allah itu menciptakan itu ada Sunnatullah, atau sebab nusabab, kesimpulan jadi jika mencari Rezeki itu ada Sunnatullah, jadi agar memenuhi harus Ikhtiar. Hadist bukhari, bahwa rezeki itu sudah ditiup Ruhnya saat didalam Rahim 4 Bulan. Ciri-ciri orang yang bertauhid yaitu :
-          - Hidupnya tenang                                        
-          - Sabar
-          - Tentram
-          - Ujian datang serahkan kepada Allah swt
-          - Ujian datang itu senang

Thalibul ilmi”, Ulama itu meroja’ah mencari ilmu sampai wafat, tauhid yang benar jelas itu Al-Qur’an, Hadist, dan Shunnah. Orang yang tidak bertauhid itu tidak digantung kepada Allah swt, tidak berserahkan kepada Allah swt, begitupun sebaliknya. Tetapi zaman ini orang berlomba-lomba itu diri sendiri mendapatkan rezeki untuk memenuhi dikuasai untuk dirinya.
Jenis-jenis orang  itu ada 3 yaitu :
-          - Orang cerdas            : orang cerdas orang yang tau dirinya bodoh, dan berikhtiar mencari ilmu
-          - Orang bodoh            : orang tau dirinya bodoh tetapi dia ridho atas kebodohannya.
-          - Orang idiot               : orang yang tidak merasa  bodoh, tidak sadar, merasa tidak ada masalah.

Orang bodoh dan idiot tidak usah di apa-apakan karena tidak bisa, terkecuali mendo’akan agar turunya hidayah kepada orang tersebut. Orang bodoh jauh dari keridhoan Allah, begitu pun sebaliknya maka Allah Ridho dan bermanfaat dirinya dan banyak orang. Abu hanifah belajar Fiqh dari umur 22 sampai 40 tahun, sehingga 18 tahun belajar, beliau menjadi ahli Ra’yi, menjadi seorang Ijtihad. Imam Syafi’I menghimpun 2 ilmu yaitu ilmu hadist dan ilmu Ra’yi, imam syafi’I di rantai di yaman sampai dengan Baghdad karena di fitnah mendukung “Aliyyin” untuk disidang sehingga di tolong salah satu imam. Imam hambali dua sahabat jalan kaki dari kaffah ke mekkah untuk menuntut ilmu dari imam syafi’I.
Seorang muslim menuntut ilmu tidak hanya dikelas, tetapi dimana saja, sehingga orang muslim lebih baik menuntut saat berpuasa. Imam Abdul Rojak, “ orang kaya raya saja menuntut ilmu ke pasar”.
Dalam bertauhid ada Hak yaitu menyempurnakan iman kepada Allah swt sehingga tidak ada sesuatu yang menduakan Allah swt. Tauhid yang benar maka menjadi benar atas, hubungannya kepada Allah swt, hubungan kepada Rasulullah, hubungan kepada keluarga, hubungan kepada saudara. Jika tauhid dan akidah benar maka hidup penuh dengan Amanah, santun, ramah.
Ada orang 60 tahun sholat tapi ternyata amal ibadah tidak terima. Orang yang dipertamakan dihisab adalah Hafidz Al-Qur’an, Ahli ibadah. Terawal dari tauhid yang tidak beres sehingga ahli tersebut hanya untuk diriyakan sehingga dihisab menjadi bahan bakar neraka. Al-Qur’an ialah sumber umat islam dan pedomannya. Ketika Tauhid sudah beres maka muncul ketakutan kepada Allah swt. Al-Qur’an diturunkan selama 13 tahun secara berangsur-angsur.
Surah Al-baqarah ayat 107 “mengikuti mereka masa rasulullah manusia yang terbaik dari nabi Adam sampai akhir zaman.” Manusia yang hidup sebelum rasulullah itu ahli pendosa. Ada 2 manusia terbaik yaitu rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dan Abu bakar as-Shiddiq. Iman Abubakar seperti akar pohon sampai arsy Allah, kisah Isra mi’raj nabi diberangkatkan ke sindratul muntaha dari masjidil haram ke masjidil aqsa, lalu dinaikkan smpai langit ketujuh dalam kurun waktu semalam, seketika masyarakat tidak mempercayainya namun sahabat rasulullah pun Abu bakar as-Shiddiq mempercayainya.
Orang munafik itu jadi batu bara, ia islam tapi tidak Ridho dengan muslim lain. Orang munafik itu mengakui Allah swt sebagai tuhannya tetapi tidak “sami’na wa atho’na”. salah satu diri kita mulia adalah ammar na’ruf nahi munkar, dan beramal kepada nahi munkar(dikeluarkan dari kaum manusia keburukan).
Kesimpulannya adalah Jika ingin berilmu carilah sahabat-sahabat sholeh dan adabnya saat makan. Karena orang bodoh mendatangkan mudhorot. Orang sholeh itu bagaikan keran. Bila sahabat salah dinasehati dengan baik, lisan baik, jadikan teladan Ulama. Kitab shohih setelah Al-Qur’an yaitu kitab Bukhori (imam Al-Bukhori) kitab paling shahih setelah Al-Qur’an.





ARTIKEL TERKAIT  :









#PemudaSEF         #MujahidSEF

Visit us on social media  :
  • official website  :
    https://www.shariaeconomicforum.org/
  • Twitter&Instagram  :  @ksei_sef
  • FB/Path/Linkedin    : Ksei SEF Gunadarma
  • Official Linkedin     : Sharia Economic Forum of Gunadarma University
  • Line                               : @KSEI_SEF



Share this:

Post a Comment

 
the official management ©2018 KREATIF, INOVATIF, DAN IMAJINATIF. Designed by