UPDATE ARTICLE

Monday, September 2, 2019

KARAKTER SEORANG PEMUDA KEJAYAAN ISLAM


KARAKTER SEORANG PEMUDA KEJAYAAN ISLAM
Pemateri : Ashabul Kahfi


Pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2019 telah dilaksanakan rangkaian kegiatan Diklat Ekonomi Islam pada materi ini disampaikan pada pukul 10:00 di Villa Bumi Langoan, Puncak Bogor. Penyampaian materi disampaikan oleh Ashabul Kahfi. atau biasa dipanggil kak Kahfi. Belau memaparkan kajian materi bertema Tauhid dan Akidah.

Terdiri dua fase, yaitu pondasi pertamanya Tauhid dan akidah. Tauhid menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan yang benar dengan segala kekhususannya. Akidah ketetapan yang tidak ada keraguan pada orang yang mengambil keputusan, dalam agama maksudnya adalah berkaitan dengan keyakinan bukan perbuatan. Kedua Akal intelektual utuh, memiliki kecerdasan pemikiran secara rasional. Penuntut ilmu pasti menemui penuntut ilmu yang lain dan terjadi perdebatan dan musyawarah.

Pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz zaman masa kemiskinan, hanya memerintah selama dua tahun, khalifah ini mampu mewujudkan kemakmuran rakyatnya. kedudukan lembaga sosial diperkuat, dengan itu, kemiskinan berhasil ditekas sekaligus menghadirkan kesejahteraan ditengah masyarakat muslim. Peradaban yang paling rendah adalah bangunan, peradaban yang paling tinggi adalah manusia yang berkualitas.

Islam kehidupan paling mulia (peradaban), islam dulu bisa memenuhi kejayaannya ditangan orang-orang muslim karena fasenya. Fase yang pertama masa Khalifah Abbasiyah, yang kejayaannya dibangun selama seratus tahun. Selama lima abad pemerintahan islam Dinasti ini, tercatat sejumlah nama khalifah yang berhasil menegakkan system pemerintahan islam dengan adil dan makmur. Abu al-abbas adalah pendiri Dinasti Abbasiyah. Kedua khalifah sayyidina Umar ibnu Khattab, khalifah yang baik dan tegas, khalifahan ini berkembang dengan pesat pengetahuan dunia, khalifahan ini berkuasa di Baghdad. Ketiga khalifah Utsman ibnu Affan dalam Khulafaur Rasyidin, beliau dikenal sebagai pedagang yang kaya raya dan handal dalam bidang ekonomi. Keempat khalifah Ali ibnu Abi Thallib, khalifah ini memindahkan ibu kota negara dari Madinah ke Kufah.

Kata Islam tidak ada mundur dari perang, kalau mundur termasuk orang yang Munafik. Nasehat “jangan masukkan dunia ke dalam hati, hati jadikan didalam hati ada Tauhid, dunia pegang di dalam tangan”. Penyakitnya Wahn adalah cinta dunia.

Karakter masa muda, “dirimu selamatkan dari api neraka” Allah yang menyuruh pada surah Al-Maidah. Cara pemuda mencapai kejayaan.
-           - Sifat rabbaniyyah, sifat segala sesuatu merasa saya bersama Allah swt.
-          -  Merasa asing didunia.
-          - Bentengi hati dengan iman.
-          - Akal yang diingat hanya akhirat. (yang dicari pahala, suka berlomba-lomba dalam kebaikan)
-          - Orang-orang yang senang bertaubat.
-          - Akhlak yang agung.
-          - Iffah, menjaga dari sisi kehormatan harga diri.
-          - Izza, kesungguhan raih mimpinya.
-          - Generasi disiplin.

Jadi karakter masa muda untuk mencapai kejayaan itu harus punya psikologis yang banyak, dan harus punya emosional yang baik. Kegagalan manusia itu berawal dari hati, Rasulullah jika marah tidak diumbarkan, hanya ditahan sampai merah lalu masuk kerumah dan laksanakan dua rakaat sholat shunnah.

Bagaimana cara mengontrol dari dalam islam, yaitu dengan cara menahan emosi lalu lakukanlah sholat shunnah. Karakter muda yang mendapatkan syafaat :
-          - Rajin kemasjid
-         -  Orang yang dapat naungan, ketika ibadah menangis.
-          - Orang yang mencintai saudaranya karena Allah swt,

Kejayaan yang diraih Khalifah Umar Ibnu Abdul Aziz yang bisa di terapkan sekarang adalah Menuntut Ilmu.
                                                                                           





 #PemudaSEF         #MujahidSEF

Visit us on social media  :

  • official website  :
    https://www.shariaeconomicforum.org/
  • Twitter&Instagram  :  @ksei_sef
  • FB/Path/Linkedin    : Ksei SEF Gunadarma
  • Official Linkedin     : Sharia Economic Forum of Gunadarma University
  • Line                          : @KSEI_SEF


                                 

Share this:

Post a Comment

 
the official management ©2018 KREATIF, INOVATIF, DAN IMAJINATIF. Designed by