UPDATE ARTICLE

Sunday, September 1, 2019

ADAB KEHIDUPAN DAN AKHLAK KENABIAN



ADAB KEHIDUPAN DAN AKHLAK KENABIAN
Pemateri : Muhammad Rizki Rezaldi SE., MSc., MM
 

Pada hari Jumat tanggal 23 Agustus 2019 telah dilaksanakan rangkaian kegiatan Diklat Ekonomi Islam pada materi ini disampaikan pada pukul 13:00 ba’da Sholat Jum’at di Villa Bumi Langoan, Puncak Bogor. Penyampaian materi disampaikan oleh Muhammad Rizky Rezaldi, SE., MSc., MM. atau biasa dipanggil kak Rezaldi. Beliau memaparkan kajian materi bertema Adab Kehidupan dan Akhlak Kenabian.
Adab kepada Tuhan atau kepada sang penciptanya terdiri Do’a dan Attitude. Do’a itu mempunyai keinginan dan Attitude adalah sikap, tingkah laku, atau perilaku seseorang dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Ekonomi Islam memiki kitab yang bernama “Al-Mawardi” membahas adab perilaku.
Moral adalah kemampuan atau kemandirian untuk berfikir mana yang benar, mana yang tidak benar, mana yang baik, mana yang tidak baik atau mana yang salah, mana yang pantas, mana yang tidak pantas, mana yang indah, mana yang tidak indah. Moral dalam Islam disebut “ Ihsan
Moral berhubungan dengan :
-   What you Know
-   What You Understand.
-   What you Belive.
-   How you belive dan
-   How you think.

 2017 riset agama yang paling banyak dari umatnya adalah Kristen, dikarenakan :
-          -  Karena banyak yang tidak logis
-          -  Didalam ada dogma (doktrin)

Syariah harus “ khoirunnas “ sebaik-baiknya manusia. Adapun orang itu bersyukur ataupun sebaliknya, bersyukur adalah memanfaatkan sebaik mungkin untuk kita atau orang banyak, dan sebaliknya yang disebut Kuffur nikmat adalah orang yang mengingkari dan tidak bersyukur atas nikmat Allah swt. Pengetahuan yang baik itu belajar dan berfikir. Sharia punya teman yaitu Maqhoshid Syariah, ialah tujuan atau rahasia allah dalam setiap hukum syariat-Nya. Karena tujuan tersebut ingin dicapai oleh syariat untuk merealisasikan kemaslahatan hamba.
Apakah moral dan logic itu penting ? ya, penting, karena perang pemikiran, umat islam terakhir memikir masa abbasiyah. Islam itu objective  menawarkan tujuan dan cara Objective dan Methods. Objective terdiri dari 3 :
-          -   Absolute (Qothi)(mutlak)(al-muta’asihin)
-          -  Kontekstual (berat untuk diubah)
-          -  Dinamisme (al-muta’akhirin)

         Dalam kata lain Objective  itu beribadah kepada Allah swt dan menolong orang banyak. Begitupun Tarbiyah, dalam bahasa Arab artinya pendidikan, jadi Tarbiyah adalah syariah Allah untuk seluruh manusia agar dijadikan pedoman dalam beribadah kepada-Nya termasuk di dalamnya membina dan mendidik generasi islam agar menjadi hamba-hambanya berserah diri dan patuh kepada syariah-Nya.




ARTIKEL TERKAIT  :









#PemudaSEF   #MujahidSEF

visit us social media:
  • official website :
    https://www.shariaeconomicforum.org/
  • twitter & Instagram : @ksei_sef
  • FB/Path/Linkedin     : ksei SEF Gunadarma
  • OfficialLinkedin       : Sharia Economic Forum of Gunadarma University
  • Line                          :  @KSEI_SEF

Share this:

Post a Comment

 
the official management ©2018 KREATIF, INOVATIF, DAN IMAJINATIF. Designed by