UPDATE ARTICLE

Wednesday, January 2, 2019

Seren Taun Kampung Budaya Sindang Barang-Bogor

Kampung budaya sindangbarang terletak di desa pasir eurih kecamatan tamansari kabupaten Bogor Jawa Barat. Berjarak hanya 5 km kota Bogor. Merupakan Kampung Tertua untuk Wilayah kota dan kab Bogor, berdasarkan sumber naskah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran. Kalau menurut Pantun Bogor diperkirakan Sindangbarang sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda lebih kurang abad ke XII.Disinilah dahulu terdapat suatu Kerajaan Bawahan yang bernama Sindangbarang dengan Ibukotanya Kutabarang. Disinilah menurut cerita rakyat digemblengnya para satria-satria kerajaan. Disini pula kebudayaan Sunda Bogor bermula dan bertahan hingga kini dalam wujud Upacara Adat Seren Taun. ampung Sindang Barang sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda sekitar abad XII, di sinilah dahulu terdapat kerajaan Bawahan yang bernama Sindang Barang dengan ibu kotanya Kuta Barang. Di sini pula kebudayaan Sunda Bogor bermula dan bertahan hingga kini, salah satunya adalah "Upacara Adat Seren Taun".

Istilah Seren Taun berasal dari Bahasa Sunda, seren yang artinya serah, seserahan dan taun yang berarti tahun. Jadi Seren Taun bermakna serah terima tahun yang lalu ke tahun yang akan datang sebagai penggantinya. Dalam tradisi masyarakat peladang Sunda, Seren Taun merupakan wahana bersyukur kepada Tuhan atas hasil pertanian tahun ini, seraya berharap hasil pertanian mereka akan meningkat pada tahun yang akan datang.

Lebih khusus lagi, upacara Seren Taun merupakan acara penyerahan hasil bumi berupa padi yang dihasilkan dalam kurun waktu satu tahun untuk disimpan ke dalam lumbung atau ‘leuit’. Ada dua lumbung, Leuit Indung (lumbung utama) sebagai tempat penyimpan padi dan lumbung pengiring untuk menyimpan benih untuk musim tanam mendatang.

Dalam acaranya dilakukan sejumlah tahapan ritual untuk mencapai upacara puncak, sedekah kue, mengarak hasil bumi, atraksi silat dan sejumlah kesenian sunda lainnya. Selain sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, acara Seren Taun juga bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat keberagaman dan kearifan lokal khususnya budaya Bogor, dan menjadi alternatif agenda wisata tahunan di Bogor.

Share this:

Post a Comment

 
the official management ©2018 KREATIF, INOVATIF, DAN IMAJINATIF. Designed by